Select Page

Mendengar kata milenial, otak kita langsung teringat dengan generasi internet atau bahasa terkininya iGen. Generasi milenial atau generasi Y lahir pada rentang 1980–1990-an.Generasi ini juga cenderung berbeda dengan generasi sebelumnya, baby boomer, khususnya dalam gaya mendidik anak. Gaya mendidik anak ini biasa disebut gaya parenting kekinian. Nah, kali ini kami akan sharing tip parenting ala milenial yang akan menjadi masukan ibu-ibu di rumah ….

MPASI-BABY LED WEANING (BLW)

Konsep ini mungkin sudah tidak asing di telinga ibu-ibu, kan, bahkan sudah disinggung di dalam Komik Persatuan Ibu-Ibu. Konsep ini makin populer sejak Andien menerapkan konsep ini pada anaknya. Sebenarnya, apa sih baby led weaning atau yang biasa disebut BLW itu? Jadi, konsep ini adalah membiarkan anak menyuapi dirinya sendiri. Biasanya, BLW diterapkan sekurang-kurangnya pada usia 6 bulan atau saat fase MPASI. Sebaiknya, sesuaikan makanan yang mudah digenggam si kecil, ya, Bu. Memang risikonya si kecil jadi berlepotan, tetapi demi tumbuh kembang si kecil? Kenapa tidak?

Metode Konvensional Aktif Responsif

Masa-masa MPASI mungkin jadi masa-masa galau ibu-ibu, nih. Bingung tetapi excited ingin melihat perkembangan si kecil yang mulai bisa diberi asupan selain ASI. Bingung milih metode yang tepat untuk si kecil, belum lagi pro-kontra pemilihan metode BLW atau konvensional versi WHO (World Health Organization). Berbeda dengan BLW, metode ini sendiri melibatkan peran ibu untuk pemilihan makanan anak. Menurut WHO, metode ini yang paling cocok dan aman digunakan mengingat peran ibu dalam memilah dan mengatur konsistensi makanan, jenis, porsi dan pola responsif feeding anak. Menurut ahli, metode ini minim resiko bayi tersedak dan kurang gizi.

DIY (Do It Yourself)

Generasi kekinian atau milenial memiliki karakteristik menyukai fleksibilitas dan kebebasan, begitu pula dengan mengasuh anak. Dalam konsep ini menganggap sekolah tidak lagi sebagai tempat utama menimba ilmu. Orang tua cenderung memilih metode home schooling dengan waktu yang pemilihan mata pelajaran sesuai dengan keinginan anak ataupun orang tua.
Dalam case ini, orang tua sadar betul akan apa yang dipilih dan diterapkan dalam pendidikan anak. Sehingga, internet dan media sosial menjadi sahabat dalam menerapkan konsep ini.

BABY LED PARENTING

Dalam metode ini orang tua yakin bahwa bayi mampu menentukan apa saja yang ia butuhkan dalam proses tumbuh kembang. Di sini orang tua hanya fasilitator atau pendamping saja, pemahaman ini sendiri ada karena mulai berkurangnya ikatan emosi anak dan orang tua. Dalam pendekatan ini tidak hanya memilih makanan saja lo, Bu, tetapi dengan cara menyusui secara langsung tanpa bantuan botol, tidur satu ruangan dengan si kecil, dan tingginya intensitas orang tua menggendong bayi. Jadi dalam metode ini, tidak ada tuh, istilah bau tangan.

French Style Parenting

Istilah ini booming saat buku Bringing Up Babe: One American Mother Discovers the Wisdom of French Parenting karya Pamela Druckerman menjadi best seller. Buku ini sendiri menceritakan jurnalis Amerika yang tinggal di Prancis membandingkan gaya parenting kedua negara tesebut. Yang menarik adalah metode parenting ini terkesan simpel dan rileks,
baik bagi orang tua dan si anak. Bagaimana mengatasi anak susah makan dengan trik not to eat everything but to taste it. Begitu pun dengan cara bermain, orang tua Amerika cenderung membawa setumpuk mainan saat mengajak anaknya main ke taman. Adapun orang tua Prancis hanya membawa satu bola dan membiarkan si anak bermain sendiri, sedangkan ibu
mengobrol dengan ibu lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa hiburan anak bisa didapatkan dari diri si anak sendiri tanpa menunggu dihibur orang tua. Jadi, orang tua lebih rileks dan tidak mudah stres menghadapi tumbuh kembang anak.

Hayo, mau pilih yang mana, Bu? Pada dasarnya, apa pun parenting style yang diterapkan ibu-ibu, jangan sampai lupa menikmati keseruan proses tumbuh kembang anak yang hanya terjadi sekali seumur hidup, ya, Bu. Semua anak memiliki fase-fase tersendiri, terlepas dari apa pun konsep yang diterapkan. Terkadang pengalaman orang-orang terdekat
ibu yang menjadi pendekatan tepat dalam mengasuh si kecil. Nah, kalau ingin tahu pengalaman Ibu Puty berkutat dengan parenthood, baca Komik Persatuan Ibu-Ibu, ya ….

 

 

Sumber artikel : nana.ruki.web.id/p=147
http://www.haibunda.com/infografis/d-3644211/metode-pemberian-mpasi-baby-led-weaning-
vs-responsive-feeding

Sumber foto : www.unsplash.com